Pemrograman Berorientasi Objek di VB 2010 - Pelajaran 4

Dalam tiga pelajaran , Kita telah belajar bagaimana untuk memasukkan kode program dan menjalankan program VB2010 sampel tetapi tanpa banyak pemahaman tentang logika pemrograman VB2010 . Sekarang , mari kita turun untuk belajar beberapa aturan dasar tentang menulis kode program VB2010 .
Pertama-tama , Meskipun VB2010 sangat mirip dengan VB6 dalam hal struktur Interface dan program, konsep dasar mereka sangat berbeda . Yang berbeda adalah bahwa VB2010 adalah Object Oriented Programming Language penuh sementara VB6 mungkin memiliki kemampuan OOP , itu tidak sepenuhnya berorientasi objek . Dalam rangka memenuhi syarat sebagai sepenuhnya berorientasi objek bahasa pemrograman , ia harus memiliki tiga teknologi inti yaitu enkapsulasi , inheritance dan polymorphism . Ketiga istilah tersebut dijelaskan di bawah ini :
Encapsulation
Encapsulation mengacu pada pembuatan modul mandiri yang mengikat fungsi pengolahan data . Tipe user-defined data ini disebut kelas . Setiap kelas berisi data serta seperangkat metode yang memanipulasi data . Komponen data kelas disebut variabel instan dan satu contoh dari kelas adalah obyek . Sebagai contoh, dalam sistem perpustakaan , kelas bisa menjadi anggota , dan John dan Sharon bisa dua contoh ( dua benda ) dari kelas perpustakaan .
Warisan
Dalam pemrograman berorientasi objek , kelas dibuat menurut hirarki mereka , dan warisan memungkinkan struktur dan metode dalam satu kelas yang akan diturunkan hirarki ke kelas lain . Itu berarti lebih sedikit pemrograman diperlukan saat menambahkan fungsi untuk sistem yang kompleks , oleh karena itu menghemat waktu dan usaha . Jika langkah yang ditambahkan di bagian bawah hirarki , maka hanya proses dan data yang terkait dengan langkah unik perlu ditambahkan . Segala sesuatu tentang langkah yang diwariskan . Kemampuan untuk menggunakan kembali benda-benda yang ada dianggap sebagai keuntungan utama dari pemrograman berorientasi objek .
Polimorfisme
Pemrograman berorientasi obyek memungkinkan prosedur tentang objek yang akan dibuat yang tepat jenis tidak diketahui sampai runtime . Sebagai contoh, sebuah kursor layar dapat berubah bentuk dari anak panah ke garis tergantung pada mode program . Rutin untuk memindahkan kursor pada layar dalam menanggapi gerakan mouse akan ditulis untuk " kursor , " dan polimorfisme kursor yang memungkinkan untuk mengambil bentuk apapun yang diperlukan pada saat runtime . Hal ini juga memungkinkan bentuk baru untuk dengan mudah diintegrasikan .
VB6 bukan OOP penuh dalam arti bahwa ia tidak memiliki kemampuan warisan meskipun dapat menggunakan beberapa manfaat dari warisan . Namun, VB2010 adalah Object Oriented Programming Language berfungsi penuh , seperti OOP lainnya seperti C + + dan Java . Hal ini berbeda dari versi sebelumnya dari VB karena lebih memfokuskan pada data itu sendiri sedangkan versi sebelumnya lebih fokus pada tindakan . Versi sebelumnya dari VB dikenal sebagai bahasa pemrograman prosedural atau fungsional . Beberapa bahasa pemrograman prosedural lainnya adalah C , Pascal dan Fortran .
VB2010 memungkinkan pengguna untuk menulis program yang terurai menjadi modul . Modul ini akan mewakili benda dunia nyata dan tahu sebagai kelas atau jenis . Sebuah objek dapat diciptakan dari sebuah kelas dan dikenal sebagai instance dari kelas . Kelas A juga dapat terdiri dari subclass . Misalnya, pohon apel merupakan subclass dari kelas tanaman dan apel di halaman belakang Anda adalah turunan dari kelas pohon apel . Contoh lain adalah siswa kelas adalah subclass dari kelas manusia sementara anak Anda John adalah turunan dari kelas mahasiswa .
Kelas A terdiri dari anggota data serta metode . Di VB2010 , struktur program untuk mendefinisikan kelas Manusia dapat ditulis sebagai berikut :
Public Class Human
‘Data Members
Private Name As String
Private Birthdate As String
Private Gender As String
Private Age As Integer
‘Methods
Overridable Sub ShowInfo( )
MessageBox.Show(Name)
MessageBox.Show(Birthdate)
MessageBox.Show(Gender)
MessageBox.Show(Age)
End Sub
End Class
Mari kita lihat satu contoh tentang bagaimana untuk membuat kelas . Contoh berikut ini menunjukkan Anda bagaimana untuk membuat sebuah kelas yang dapat menghitung BMI kita ( Body Mass Index ) .
Untuk membuat kelas , mulai VB2010 seperti biasa dan memilih Windows Aplikasi . Di VB2010 IDE , klik pada Project pada menu bar dan pilih Add Class, Add New Item dialog muncul, seperti terlihat pada Gambar di bawah ini :

Kelas standar Class1.vb akan muncul sebagai tab baru dengan jendela kode . Ubah nama kelas sebagai MyClass.vb . Ubah nama formulir sebagaimana MyFirstClass.vb .
Sekarang , di jendela MyClass.vb , masukkan kode berikut
Public Function BMI(ByVal height As Single, ByVal weight As Single)
BMI = Format((weight) / (height ^ 2), “0.00″)
End Function
Sekarang kita telah membuat sebuah kelas ( objek ) disebut MyClass dengan metode yang dikenal sebagai BMI .

Untuk menggunakan kelas BMI , masukkan tombol ke dalam formulir dan klik pada tombol untuk memasukkan kode berikut :
Private Sub BtnCalBmi_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BtnCalBmi.Click
Dim MyObject As Object
Dim h, w As Single
MyObject = New MyClass1()
h = InputBox(“What is your height in meter”)
w = InputBox(“What is your weight in kg”)
MessageBox.Show(MyObject.BMI(h, w))
End Sub
Ketika kita menjalankan program ini dan klik tombol , pengguna akan disajikan dengan dua kotak input untuk memasukkan tinggi dan berat badan nya kemudian dan nilai BMI akan ditampilkan dalam kotak pesan pop - up .


Posting Komentar