Percabangan Pada Pascal

Kita tahu, percabangan ini serasi dengan kata mendua, dan kita juga tahu kata mendua dihadapkan pada dua pilihan yang berbeda, itu pun seperti halnya percabangan itu sendiri. Percabangan juga dihadapkan pada beberapa pilihan yang berbeda, dan harus dipilih salah satu. Jadi pada pascal, percabangan  adalah suatu operator yang digunakan untuk menentukan pilihan terhadap beberapa pilihan yang ada.
Pada pascal ada beberapa script atau code yang digunakan untuk menjalankan suatu percabangan, seperti struktur if-then, struktur if-then-else, struktur case-of, dan struktur case-of-elseSecara mendasar terdapat dua struktur pernyataan percabangan didalam bahasa pemrogramman pascal, yaitu pernyataan if dan pernyataan case ..of. Pernyataan-pernyataan tersebut digunakan untuk menangani percabangan atau memilih suatu statement yang berdasarkan suatu syarat. Syarat ini harus terpenuhi jika akan melakukan penyeleksian yang diinginkan.
Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, seperti pada struktur case..of itu memiliki kelebihan dibanding strukturif, yakni struktur script atau codenya lebih ringkas dibanding pada struktur if. Tetapi struktur case..of juga memiliki kekurangan yakni tidak dapat menjalankan percabangan didalam percabangan seperti halnya yang dapat dilakukan oleh struktur if.


 STRUKTUR PERCABANGAN
Struktur percabangan ada beberapa macam, antara lain struktur if-then, struktur if-then-else, struktur case-of, dan strukturcase-of-else. Setiap struktur memiliki perbedaan seperti yang telah dijeleskan sebelumnya. Jika ada pertanyaan seperti:
Bagaimana cara menerapkan struktur percabangan pada pascal?
Ada beberapa cara, yakni sebagai berikut:
>> PENERAPAN STRUKTUR IF-THEN
Statemen IF-THEN digunakan untuk menyeleksi suatu kondisi, jika kondisi yang diseleksi terpenuhi, maka statemen yang mengikuti THEN akan diproses. Tetapi, apabila kondisi tidak terpenuhi, maka yang akan diproses adalah statemen berikutnya.
Bentuk umum:







Contoh program:

Hasil eksekusi dari program:
       Contoh 1                                               Contoh 2  

>> PENERAPAN STRUKTUR IF-THEN-ELSE
Statemen IF-THEN…ELSE digunakan untuk menyeleksi suatu kondisi. Statemen 1 akan diproses jika kondisi yang diseleksi benar, sedangkan statemen 2 akan diproses jika kondisi yang diseleksi tidak terpenuhi.
Bentuk umum:









Contoh program:

Hasil eksekusi program:
Contoh 1

Contoh 2




>> PENERAPAN STRUKTUR CASE-OF

Statemen CASE-OF digunakan untuk memilih jika terdapat lebih dari dua kondisi yang setiapnya memerlukan penanganan yang berbeda.
Bentuk  umum:











Contoh program:




Hasil eksekusi program:

Contoh 1




Contoh 2



Contoh 3




>> PENERAPAN STRUKTUR CASE-OF-ELSE
Struktur CASE-OF…ELSE merupakan pengembangan dari struktur CASE-OF dan juga merupakan pengembangan dari standar Pascal. Pada struktur CASE-OF bila tidak ada kondisi yang terpenuhi berarti tidak ada statemen di dalam lingkungan CASE-OF yang diproses. Dengan struktur CASE-OF…ELSE, bila tidak ada kondisi yang terpenuhi, maka statemen yang akan diproses dalam lingkungan CASE-OF adalah statemen yang ada di ELSE.
Bentuk umum:













Contoh program:




Hasil eksekusi program:

Contoh 1




Contoh 2




KEUNGGULAN STRUKTUR IF DAN STRUKTUR CASE
Unggul yang mana antara struktur if dengan struktur case.? 

Sebenarnya kalau dikatakan unggul, keduanya sama-sama unggul. Karena 
struktur case memiliki kelebihan dari pada struktur if,dan struktur if pun memiliki kelebihan dari pada struktur case.
Kelebihan statemen case terletak pada struktur script atau codenya yang lebih ringkas dibandingkan dengan struktur pada if.
Sedangkan kelebihan statemen if yaitu struktur if dapat menyelesaikan hampir seluruh permasalahan pada pascal, sedang casetidak bisa.
Mengapa statemen if dapat menyelesaikan hampir semua masalah pada pascal, sedangkan statemen case tidak bisa?
Karena pada statemen if dapat menjalankan suatu percabangan didalam percabangan yang disebut juga dengan istilah if bersarang, dan pada statemen case tidak ada hal yang seperti itu.

>> PERCABANGAN DIDALAM PERCABANGAN
Bagaimana penerapan if bersarang pada pascal?
Dan seperti apa hasilnya?
Penerapan if bersarang atau yang sering disebut juga dengan percabangan berantai ini sebenarnya sama seperti statemen if pada umumnya, hanya saja ada tambahan percabangan lagi setelah percabangan yang sebelumnya.
Bentuk umum:



















Contoh program:




 Hasil eksekusi program:



Contoh 1




Contoh 2



Posting Komentar