Apa Itu Blogwalking?

Langsung saja tanpa basa-basi, ada sesuatu tentang ketika blogwalking yang ingin saya sampaikan. Sobat Mungkin Blog sudah tau kan apa itu blogwalking? *belum/ sudah/ ragu-ragu*. Oke, apa pun jawaban kamu, saya akan terima walau akhirnya nanti hati ini akan tersakiti lagi #kemudian galau. Hadudu, jadi kemana-mana ini pembahasannya. Back to topic, jadi disini saya akan membahas tentang ketika blogwalking, lebih khususnya tentang bagaimana ketika blogwalking dan apa yang bisa kita dapatkan ketika blogwalking.
Jadi ada 3 tipe dalam kunjung mengunjungi blog yang ada didunia perbloggeran ini (menurut saya), diantaranya yaitu Non-Blogwalking, Semi Blogwalking dan Blogwalking. Berikut pembahasannya:

Non Blogwalking
Yang termasuk dalam kategori Non-Blogwalking adalah blogger atau seseorang yang hanya membuka blog orang lain untuk sekedar membaca berita, info, copas untuk tugas dan lain sebagainya tanpa meninggalkan jejak.  Bisa dikatakan orang tersebut bukanlah melakukan sebuah kegiatan blogwalking. Ini dikarenakan tidak ada jejak peninggalan yang bersejarah #eh dari berjalannya sebuah blog ke blog lain. Tipe ini tidak akan pernah mendapatkan yang namanya kunjungan balik. Karena pemilik blog tidak tahu kedatangan sobat ke blognya *mistis dan penuh misteri*
Semi Blogwalking
Menurut definisi dari saya sendiri, semi blogwalking adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh blogger orang yang memiliki blog kemudian jalan-jalan ke blog orang lain dan meninggalkan jejak tanpa "sesuatu". Maksud "sesuatu" diatas adalah sebuah  point yang berpengaruh terhadap blog tersebut, misalnya kritik, saran, pujian, pertanyaan dan lain sebagainya. Contoh blogger yang suka semi blogwalking yaitu blogger yang hanya pergi ke blog orang lain kemudian meninggalkan jejak di chatbox. Atau mungkin seseorang yang datang ke blog lain kemudian meninggalkan komentar yang bertujuan buang link saja. Biasanya orang tersebut menggunakan "Name/URL"dikotak komentar lalu berkata "Blognya udah di follow, follback eaa kakak" *kemudian kabur*. Jika blog yang dikunjungi tidak menyediakan "Name/URL", biasanya titip link secara langsung, misalnya: "Nice post kakak, follback ea blog akyuuuhh ivamairistinyariraja.com" -___- Tipe ini setidaknya berfungsi sebagai penambah pengunjung  dan komentar dalam blog yang dikunjunginya, walau belum pasti kunjungannya akan dibalas. Untuk contoh komentar lainnya, sudah pernah saya bahas sebelumnya di serba-serbi komentar.

Blogwalking

Sumber Gambar
Nah, blogger yang sebenar-benarnya melakukan blogwalking adalah blogger yang datang ke blog orang lain, setidaknya membaca satu paragraf dari apa yang mereka tulis dan kemudian berkomentar dengan meninggalkan "sesuatu" diblog yang dikunjunginya tersebut. Isi komentarnya bisa berupa pertanyaan, kritik, saran, atau sekedar saling sapa tanpa pemaksaan follback atau kunjungan balik -___-.
Berdasarkan pengertian menurut saya diatas, maka kita akan memperoleh berbagai manfaat ketika blogwalking, diantaranya:

\
Sesungguhnya blogwalking akan menambah pengetahuan
Blogwalking sesungguhnya pasti akan menambah pengetahuan kita sebagai blogger. Karena ketika kita berblogwalking, kita akan membaca setidaknya beberapa informasi dari berbagai blog. Ini sudah pasti, kecuali sobat termasuk dalam blogger yang ketika blogwalking bertipe semi blogwalking.

Menjalin tali silaturahmi sesama blogger
Dalam berblogwalking bukan tidak mungkin kita mendapatkan kenalan baru dari blog. Ini juga tergantung dari "sesuatu" dalam komentar kita. Jika hanya sekedar minta follback atau kunjungan balik, saya tidak bisa jamin pemilik blog yang sobat kunjungi akan menggubris dengan waah. Nah, coba kalau sobat komentari sedikit saja tentang apa yang ada didalam blog ketika kita berblogwalking, maka akan ada sedikit rasa penasaran, siapa ya dia? siapa yang komen begitu menggugah diblog aku? Otomatis, dia akan datang kembali ke blog kita tanpa ada pemaksaan, kecuali dia gak peka. Setelah adanya saling kunjung mengunjungi dari sanalah kita bisa saling bersilaturahmi :)
Memberikan manfaat bagi blogger lain


Sesungguhnya ketika blogwalking yang sebenar-benarnya blogwalking kita akan memberikan manfaat bagi blogger lain. Pertama, yang pasti adalah tambahan jumlah pengunjung dan tambahan komentar. Kedua, adanya komentar yang membangun untuk teman blogger lainnya, tentu saja ini memberikan manfaat bagi kemajuan blog yang kita kunjungi tersebut dikemudian harinya.

2 Comments

sob, ada kajian singkat nih tentang amal, hehe, sekali sma kunjungan blogger, di tunggu visit back nya.

Download Pengajian

Reply

Baru tau nih istilah blogwalking, hehehe

Reply

Posting Komentar