Bekerja dengan Kontrol Properti di VB 2010 - Pelajaran 3


Control Properti di VB2010
Sebelum menulis prosedur event untuk kontrol dalam Visual Basic 2010 untuk menanggapi masukan pengguna , kita harus mengatur properti tertentu untuk kontrol untuk menentukan penampilan dan bagaimana ia akan bekerja dengan event prosedur . kita dapat mengatur properti dari kontrol pada jendela properti pada waktu desain atau runtime . 


Judul formulir ditentukan oleh properti Text dan nama default adalah Formulir 1 . Untuk mengubah judul form untuk setiap nama yang Anda sukai, klik sederhana dalam kotak di sebelah kanan properti Text dan ketik nama baru , dalam contoh ini , judul Penambahan Kalkulator . Perhatikan bahwa judul ini akan muncul di atas jendela . Di jendela properti , item muncul di bagian atas adalah objek yang sedang dipilih ( pada Gambar 3.1 , objek yang dipilih adalah Form1 ) . Di bagian bawah , item yang tercantum di kolom kiri merupakan nama-nama berbagai properti yang berhubungan dengan objek yang dipilih sedangkan item yang tercantum di kolom kanan mewakili negara bagian properti .
Visual Basic 2010
Properti dapat diatur dengan menyorot item dalam kolom kanan kemudian mengubahnya dengan mengetikkan atau memilih pilihan yang tersedia . Kita juga dapat mengubah sifat-sifat lain dari bentuk seperti font, lokasi, ukuran , warna foreground , warna latar belakang , MaximizeBox , MinimizeBox dan lain-lain kita juga dapat mengubah properti dari objek saat runtime untuk memberikan efek khusus seperti perubahan warna , bentuk , efek animasi dan sebagainya .
Sebagai contoh kode berikut akan mengubah warna bentuk menjadi kuning setiap kali bentuk yang dimuat . Visual Basic 2010 menggunakan RGB (Red , Green, Blue) untuk menentukan warna . The RGB kode untuk kuning 255,255,0 . Dalam kode merujuk ke bentuk saat ini dan Backcolor adalah milik warna latar belakang form . Rumus untuk menetapkan warna RGB ke bentuk adalah Color.FormArbg (kode RGB ) . Prosedur acara adalah sebagai berikut :

Public Class Form1 Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
Me.BackColor = Color.FromArgb(255, 0, 255)
End Sub
End Class
You may also use the follow procedure to assign the color at run time.
Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
Me.BackColor = Color.Magenta
End Sub
Kita juga dapat menggunakan prosedur berikut untuk menetapkan warna pada waktu berjalan .
Berikut adalah beberapa warna yang umum dan sesuai kode RGB . Kita dapat selalu bereksperimen dengan kombinasi lainnya , tapi ingat jumlah maksimum untuk setiap warna adalah 255 dan jumlah minimum adalah 0 Visual Basic 2010

Berikut ini adalah program lain yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan kode RGB menjadi tiga kotak teks yang berbeda dan ketika dia mengklik tombol layar warna , warna latar belakang formulir akan berubah sesuai dengan kode RGB . Jadi , program ini memungkinkan pengguna untuk mengubah properti warna formulir di run time .

Visual Basic 2010
Kode:
Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click

Dim rgb1, rgb2, rgb3 As Integer

rgb1 = TextBox1.Text
rgb2 = TextBox2.Text
rgb3 = TextBox3.Text
Me.BackColor = Color.FromArgb(rgb1, rgb2, rgb3)
End Sub


Posting Komentar