Dalam tiga pelajaran
, Kita telah belajar bagaimana untuk memasukkan kode program dan menjalankan
program VB2010 sampel tetapi tanpa banyak pemahaman tentang logika pemrograman
VB2010 . Sekarang , mari kita turun untuk belajar beberapa aturan dasar tentang
menulis kode program VB2010 .
Pertama-tama ,
Meskipun VB2010 sangat mirip dengan VB6 dalam hal struktur Interface dan
program, konsep dasar mereka sangat berbeda . Yang berbeda adalah bahwa VB2010
adalah Object Oriented Programming Language penuh sementara VB6 mungkin
memiliki kemampuan OOP , itu tidak sepenuhnya berorientasi objek . Dalam rangka
memenuhi syarat sebagai sepenuhnya berorientasi objek bahasa pemrograman , ia
harus memiliki tiga teknologi inti yaitu enkapsulasi , inheritance dan
polymorphism . Ketiga istilah tersebut dijelaskan di bawah ini :
Encapsulation
Encapsulation mengacu
pada pembuatan modul mandiri yang mengikat fungsi pengolahan data . Tipe
user-defined data ini disebut kelas . Setiap kelas berisi data serta
seperangkat metode yang memanipulasi data . Komponen data kelas disebut
variabel instan dan satu contoh dari kelas adalah obyek . Sebagai contoh, dalam
sistem perpustakaan , kelas bisa menjadi anggota , dan John dan Sharon bisa dua
contoh ( dua benda ) dari kelas perpustakaan .
Warisan
Dalam
pemrograman berorientasi objek , kelas dibuat menurut hirarki mereka , dan
warisan memungkinkan struktur dan metode dalam satu kelas yang akan diturunkan
hirarki ke kelas lain . Itu berarti lebih sedikit pemrograman diperlukan saat
menambahkan fungsi untuk sistem yang kompleks , oleh karena itu menghemat waktu
dan usaha . Jika langkah yang ditambahkan di bagian bawah hirarki , maka hanya
proses dan data yang terkait dengan langkah unik perlu ditambahkan . Segala
sesuatu tentang langkah yang diwariskan . Kemampuan untuk menggunakan kembali
benda-benda yang ada dianggap sebagai keuntungan utama dari pemrograman
berorientasi objek .
Polimorfisme
Pemrograman
berorientasi obyek memungkinkan prosedur tentang objek yang akan dibuat yang
tepat jenis tidak diketahui sampai runtime . Sebagai contoh, sebuah kursor
layar dapat berubah bentuk dari anak panah ke garis tergantung pada mode
program . Rutin untuk memindahkan kursor pada layar dalam menanggapi gerakan
mouse akan ditulis untuk " kursor , " dan polimorfisme kursor yang
memungkinkan untuk mengambil bentuk apapun yang diperlukan pada saat runtime .
Hal ini juga memungkinkan bentuk baru untuk dengan mudah diintegrasikan .
VB6 bukan OOP penuh
dalam arti bahwa ia tidak memiliki kemampuan warisan meskipun dapat menggunakan
beberapa manfaat dari warisan . Namun, VB2010 adalah Object Oriented
Programming Language berfungsi penuh , seperti OOP lainnya seperti C + + dan
Java . Hal ini berbeda dari versi sebelumnya dari VB karena lebih memfokuskan
pada data itu sendiri sedangkan versi sebelumnya lebih fokus pada tindakan .
Versi sebelumnya dari VB dikenal sebagai bahasa pemrograman prosedural atau
fungsional . Beberapa bahasa pemrograman prosedural lainnya adalah C , Pascal
dan Fortran .
VB2010 memungkinkan
pengguna untuk menulis program yang terurai menjadi modul . Modul ini akan
mewakili benda dunia nyata dan tahu sebagai kelas atau jenis . Sebuah objek
dapat diciptakan dari sebuah kelas dan dikenal sebagai instance dari kelas .
Kelas A juga dapat terdiri dari subclass . Misalnya, pohon apel merupakan
subclass dari kelas tanaman dan apel di halaman belakang Anda adalah turunan
dari kelas pohon apel . Contoh lain adalah siswa kelas adalah subclass dari
kelas manusia sementara anak Anda John adalah turunan dari kelas mahasiswa .
Kelas A terdiri dari
anggota data serta metode . Di VB2010 , struktur program untuk mendefinisikan
kelas Manusia dapat ditulis sebagai berikut :
Public Class Human
‘Data Members
Private Name As String
Private Birthdate As String
Private Gender As String
Private Age As Integer
‘Methods
Overridable Sub ShowInfo( )
MessageBox.Show(Name)
MessageBox.Show(Birthdate)
MessageBox.Show(Gender)
MessageBox.Show(Age)
End Sub
End Class
Mari kita lihat satu
contoh tentang bagaimana untuk membuat kelas . Contoh berikut ini menunjukkan
Anda bagaimana untuk membuat sebuah kelas yang dapat menghitung BMI kita ( Body
Mass Index ) .
Untuk membuat kelas ,
mulai VB2010 seperti biasa dan memilih Windows Aplikasi . Di VB2010 IDE , klik
pada Project pada menu bar dan pilih Add Class, Add New Item dialog muncul,
seperti terlihat pada Gambar di bawah ini :
Kelas standar
Class1.vb akan muncul sebagai tab baru dengan jendela kode . Ubah nama kelas
sebagai MyClass.vb . Ubah nama formulir sebagaimana MyFirstClass.vb .
Sekarang , di jendela
MyClass.vb , masukkan kode berikut
Public Function
BMI(ByVal height As Single, ByVal weight As Single)
BMI = Format((weight)
/ (height ^ 2), “0.00″)
End Function
Sekarang kita telah
membuat sebuah kelas ( objek ) disebut MyClass dengan metode yang dikenal
sebagai BMI .
Untuk menggunakan
kelas BMI , masukkan tombol ke dalam formulir dan klik pada tombol untuk
memasukkan kode berikut :
Private Sub BtnCalBmi_Click(ByVal
sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BtnCalBmi.Click
Dim MyObject As Object
Dim h, w As Single
MyObject = New MyClass1()
h = InputBox(“What is your height in
meter”)
w = InputBox(“What is your weight in
kg”)
MessageBox.Show(MyObject.BMI(h,
w))
End Sub
Ketika kita
menjalankan program ini dan klik tombol , pengguna akan disajikan dengan dua
kotak input untuk memasukkan tinggi dan berat badan nya kemudian dan nilai BMI
akan ditampilkan dalam kotak pesan pop - up .
Posting Komentar