Mengelola Data di VB 2010 - Pelajaran 6

6.1 Visual Basic 2010 Tipe Data
Visual Basic 2010 mengklasifikasikan informasi yang disebutkan di atas menjadi dua jenis data yang utama , mereka adalah tipe data numerik dan tipe data non - numerik .
6.1.1 Jenis Data Angka

Tipe data numerik adalah jenis data yang terdiri dari angka, yang dapat dihitung secara matematis dengan berbagai operator standar seperti menambah, dikurangi , mengalikan, membagi dan sebagainya. Dalam Visual Basic 2010 , data numerik dibagi menjadi 7 jenis , tergantung pada rentang nilai mereka dapat menyimpan . Perhitungan yang hanya melibatkan angka bulat atau data yang tidak perlu presisi dapat menggunakan Integer atau Panjang integer dalam perhitungan. Program yang membutuhkan perhitungan presisi tinggi perlu menggunakan tipe data keputusan Single dan Double , mereka juga disebut angka floating point . Untuk perhitungan mata uang, Anda dapat menggunakan tipe data mata uang. Terakhir, jika lebih presisi membutuhkan untuk melakukan perhitungan yang melibatkan banyak titik desimal , kita dapat menggunakan tipe data desimal . Jenis data yang dirangkum dalam Tabel 6.1

6.1.2 Non - numerik Tipe Data
Tipe data nonnumeric adalah data yang tidak dapat dimanipulasi secara matematis menggunakan operator aritmatika standar. Data non - numerik terdiri dari teks atau tipe data string , tipe data Date, tipe data Boolean yang hanya menyimpan dua nilai ( true atau false ) , tipe data Obyek dan Varian tipe data . Mereka diringkas dalam Tabel 6.2



Literals adalah nilai-nilai yang Anda tetapkan untuk data . Dalam beberapa kasus , kita perlu menambahkan akhiran di belakang literal sehingga VB2010 dapat menangani perhitungan lebih akurat . Sebagai contoh, kita dapat menggunakan num = 1,3089 # untuk tipe ganda data. Beberapa akhiran akan ditampilkan pada Tabel 6.3 .6.1.3 Akhiran untuk Literals

Selain itu, kita perlu menyertakan string literal dalam dua kutipan dan tanggal dan waktu literal dalam dua tanda # . String dapat berisi karakter apapun, termasuk nomor . Berikut ini adalah beberapa contoh :
memberName=”Turban, John.”
TelNumber=”1800-900-888-777″
LastDay=#31-Dec-00#
ExpTime=#12:00 am#
6.2 Mengelola Variabel
Variabel seperti kotak surat di kantor pos . Isi variabel berubah setiap sekarang dan kemudian , seperti kotak surat . Dalam hal VB2010 , variabel adalah area yang dialokasikan oleh memori komputer untuk menyimpan data . Seperti kotak surat , setiap variabel harus diberi nama . Untuk nama variabel dalam Visual Basic 2010 , Anda harus mengikuti seperangkat aturan .
6.2.1 Nama Variabel
Berikut ini adalah aturan ketika penamaan variabel dalam Visual Basic 2010
Ini harus kurang dari 255 karakter
Tidak ada jarak yang diperbolehkan
Ini tidak harus dimulai dengan angka
Periode tidak diizinkan
Contoh nama variabel yang valid dan tidak valid ditampilkan dalam Tabel 6.4



6.2.2 Variabel Mendeklarasikan
Dalam Visual Basic 2010 , salah satu kebutuhan untuk mendeklarasikan variabel sebelum menggunakan mereka dengan menetapkan nama dan tipe data . Jika Anda gagal untuk melakukannya , program ini akan menunjukkan kesalahan . Mereka biasanya dinyatakan di bagian umum dari jendela kode ' menggunakan pernyataan Dim .
Formatnya adalah sebagai berikut :
Dim Variabel Nama Sebagai Tipe Data
contoh 6.1
Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
Dim password As String
Dim yourName As String
Dim firstnum As Integer
Dim secondnum As Integer
Dim total As Integer
Dim doDate As Date
End Sub
Kita, juga dapat menggabungkan mereka dalam satu baris , memisahkan setiap variabel dengan koma , sebagai berikut :
Dim password As String, yourName As String, firstnum As Integer,………….
Untuk deklarasi string , ada dua format mungkin , satu untuk variabel - panjang string dan satu lagi untuk string tetap-panjang . Untuk variabel - panjang string , hanya menggunakan format yang sama seperti contoh 6.1 di atas . Namun, untuk string tetap-panjang , Anda harus menggunakan format seperti yang ditunjukkan di bawah ini :
Dim VariableName as String * n, where n defines the number of characters the string can hold.
Contoh 6.2 :
Dim yourName as String * 10
nama dapat memegang tidak lebih dari 10 Karakter .
6.2.3 Nilai Menetapkan untuk Variabel
Setelah menyatakan berbagai variabel menggunakan pernyataan Dim , kita bisa memberikan nilai pada variabel tersebut. Format umum suatu tugas adalah

Variabel = Ekspresi

Variabel bisa menjadi variabel dinyatakan atau nilai properti kontrol. Ekspresi bisa menjadi ekspresi matematika , angka , string , nilai Boolean ( true atau false ) dan lain-lain Berikut ini adalah beberapa contoh :
firstNumber=100
secondNumber=firstNumber-99
userName=”John Lyan”
userpass.Text = password
Label1.Visible = True
Command1.Visible = false
Label4.Caption = textbox1.Text
ThirdNumber = Val(usernum1.Text)
total = firstNumber + secondNumber+ThirdNumber
6.3 Konstanta
Konstanta berbeda dari variabel dalam arti bahwa nilai-nilai mereka tidak berubah selama menjalankan program.
6.3.1 Mendeklarasikan sebuah Konstan
Format untuk mendeklarasikan konstanta adalah
Const Nama Konstan Sebagai Data Type = Nilai
contoh 6.3
Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
Const Pi As Single=3.142
Const Temp As Single=37
Const Score As Single=100
End Sub

Posting Komentar